Ringkasan Tentang Globalisasi


ADITIA ENKA LESMANA
191510901038


GLOBALISASI
·       Definisi Globalisasi
Global artinya dunia  sedangkan lizationartinya adalah proses.Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.
·       Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli
1.     Secara Etiomologi
Pengertian globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata global atau universal yang artinya luas dan liztion yang berarti proses.
2.     L. Nyeman
Pengertian globalisasi adalah sebuah pertumbuhan yang berlangsung cepat. Proses ini disebabkan oleh ketergantungan berbagai negara pada perdagangan maupun keuangan.
3.     Scholte
Pengertian globalisasi adalah sebuah proses pertumbuhan yang cepat yang disebabkan ketergantungan berbagai negara, dan juga untuk mempertahankan identitas masing-masing.
4.     Anthony Giddens
Globalisasi adalah suatu hubungan sosial yang mendunia yang kemudian terhubung satu sama lain sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda bisa berdampak juga bagi tempat yang lain.
·       Teori Globalisasi
Ada beberapa teori Globalisasi yang dikemukakan oleh para ahli. Salah satunya adalah teori yang dikemukakan oleh Cochrane dan Pain yang menyatakan bahwa ada 3 pemeran utama penting dalam Globalisasi yaitu :
1)    Teori Globalisasi para Globalis, Para Globalis mengatakan bahwa dengan adanya Globalisasi ini akan membawa konsekuensi secara langsung pada kehidupan di seluruh dunia bahwa nantinya akan ada serangan budaya homogen yang menyebar ke seluruh dunia.Mengenai hal ini, para globalis yang positif mengatakan bahwa hal tersebut bisa menjadikan masyarakat dunia yang memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan toleran terhadap budaya dari luar budayanya sendiri,Namun para globalis negatif mengatakan bahwa hal tersebut bisa melunturkan budaya asli masing-masing masyarakat dan menganggap itu juga salah satu upaya Negara adidaya untuk menjajah budaya lain.
2)    Teori Globalisasi para Tradisionalis, dalam teori ini adalah orang-orang yang tidak menganggap bahwa Globalisasi tengah terjadi, mereka menganggap bahwa proses yang saat ini terjadi adalah dampak dari perubahan yang sudah terjadi sejak zaman dulu.
3)    Teori Globalisasi para Tranformalis, adalah orang yang berada diantara globalis dan tradisionalis, yang menganggap bahwa benar Globalisasi sedang terjadi namun terlalu dilebih-lebihkan.
·       Sejarah Globalisasi
Globalisasi mulai berkembang pada sekitar abad 20-an. Pada hakekatnya globalisasi ada sejak manusia sudah mengenal perdagangan antar negara. Hal ini terjadi pada sekitar tahun 1000 dan 1500 sekitar masehi. Tanda dari perdagangan globalisasi ini adalah adanya perdagangan kaum muslim di Asia dan Afrika. Kaum muslim ini membentuk jaringan perdagangan  ke wilayah Jepang, Vietnam, Cina, Malaka, Indonesia, India, Persia, Venesia, Laut Tengah dan Genoa. Fase selanjutnya adalah eksplorasi besar-besaran oleh bangsa Eropa seperti Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris.
·       Faktor Penyebab Proses Globalisasi
a.     Perkembangan Teknologi dan Informasi
Adanya perkembangan dalam teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian berdampak pada mudahnya transaksi keuangan yang terjadi di seluruh Negara.Selama beberapa waktu terakhir terdapat banyak sekali perkembangan dalam bidang teknologi yang berkaitan langsung dengan transaksi keuangan yang bisa memudahkan Anda untuk melakukan transaksi tidak hanya di Negara sendiri melainkan di Negara lain.
b.     Banyaknya Kerjasama Internasional
Penyebab kedua terjadinya Globalisasi adalah karena terjadinya banyak kerja sama internasional yang memudahkan terjadinya transaksi keuangan sebelumnya yang dilakukan oleh berbagai Negara.Sehingga melalui sektor ekonomi inilah yang membuat banyaknya produk dari luar negeri masuk ke dalam negeri dan sebaliknya.
·       Dampak Globalisasi

a)     Kemudahan Transportasi
Sistem transportasi yang semakin maju menyebabkan masyarakat mudah dalam bepergian ataupun mengirimkan barang meski terpisah jarak yang sangat jauh.
b)    Ekonomi Terbuka
Selanjutnya era Globalisasi juga terjadi karena Negara-negara di dunia mulai terbuka dalam bidang ekonomi, sehingga terjadilah perdagangan-perdagangan global yang menyebabkan berbagai macam produk saling bertukar dari satu tempat ke tempat yang lain.Dari produk-produk yang masuk itu tentunya juga mengandung budaya dan unsur
dari Negara lain yang mempengaruhi budaya di dalam Negara sendiri.
c)     Unsur Budaya
Era globalisasi bisa terjadi ketika negara tersebut bisa menerima unsur budaya dari negara lain. Sehingga, kegiatan ekonomi dan keuangan bisa berjalan sesuai dengan target yang ditentukan.
·       Ciri – ciri Globalisasi
      i.         Perubahan Konsep, Era globalisasi membuat berubahnya konsep antara ruang dan waktu. Tidak ada batasan-batasan ketika globalisasi muncul. Setiap orang akan mudah mengakses apapun yang mereka inginkan hanya menggunakan teknologi.
    ii.         Pasar dan Produksi, Setiap negara akan saling bergantung satu sama lainnya. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional. Organisasi semacam WTO juga mempengaruhi perilaku pasar dan produksi.
   iii.         Peningkatan Interaksi, Interaksi dengan berbagai masyarakat belahan dunia lain akan semakin mudah. Terutama munculnya berbagai macam sosial media dan grup kencan. Dengan adanya hal ini maka perkawinan silang antar ras akan semakin banyak.
   iv.         Menularnya Kebudayaan, Karena mudahnya informasi atau produk luar negeri, maka pertukaran kebudayaan Akan semakin mudah didapatkan. Pertukaran kebudayaan ini bisa dari film, musik, fashion dan sebagainya. Setiap individu akan mudah dalam mengekspresikan dirinya.
     v.         Timbulnya Masalah Bersama, Karena kompleksnya jalan perekonomian dan perdagangan, hal ini juga memicu timbulnya masalah dari berbagai negara. Misalnya inflasiregional, masalah lingkungan hidup dan sebagainya.
·       Dampak Positif dan Negatif Globalisasi
o   Positif
Kemudahan dalam memperoleh informasi. Masyarakat dimanjakan dengan berlimpahnya pengetahuan dan kemudahan untuk mengaksesnya.Selain itu, kehidupan sosial ekonomi akan meningkat seiring berkembangnya ilmu pengetahuan. Teknologi informasi dan
transportasi juga akan membuat mobilisasi masyarakat semakin meningkat.
o   Negatif
Mudahnya budaya luar untuk mempengaruhi budaya lokal, sehingga ciri khas suatu negara akan mengalami pergeseran. Masyarakat akan semakin menjadi individualis disebabkan oleh ketergantungannya dengan teknologi.Semakin tinggi kegiatan perdagangan akan membuat banyak polusi dalam prosesnya.

Komentar